Monday, November 3, 2014

HUBUNGAN ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWI SMA N 1

ABSTRAK

HUBUNGAN ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Latar Belakang : Jumlah penduduk Indonesia tahun 2010 sebanyak 237,6 juta jiwa, 26,67 % diantaranya adalah remaja. Penduduk remaja (10-24 tahun) perlu mendapat perhatian serius karena remaja termasuk dalam usia sekolah dan usia kerja, mereka sangat berisiko terhadap masalah-masalah kesehatan reproduksi yaitu perilaku seksual pranikah, HIV/AIDS. Penelitian memilih Anak SMA yang masih remaja, karena    remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik, fisiologis dan psikososial.

Metode penelitian : yang digunakan pada penelitian ini adalah analitik yaitu peneliti hanya tidak akan mendeskripsikan saja tetapi sudah menganalisis hubungan antar variabel dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi.

Hasil penelitian : Sebagian besar responden dengan anemia ringan sebanyak 21      responden (48,8 %). Sebagian besar responden memiliki prestasi belajar yang baik   se-banyak 24 responden (55,8 %). Ada hubungan anemia dengan prestasi belajar siswi SMA N 1 Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Tahun 2013 (P-value .000         < α 0,05).


Kata Kunci        : Anemia, Prestasi Belajar
Daftar Pustaka   : 14 (2004 – 2011)






ABSTRACT

RELATIONSHIP ANEMIA WITH LEARNING ACHIEVEMENT

Background: The population of Indonesia in 2010 reached 237.6 million, 26.67% of whom are teenagers. Youth population (10-24 years) needs serious attention because it is included in school-aged youth and working age, they are at risk for reproductive health problems that premarital sexual behavior, HIV / AIDS. SMA research chose the young child, as a teenager during the transition from childhood to adulthood is marked by changes in the physical, physiological and psychosocial.

Research method: used in this study is the analytic researchers will not only describe but has also analyzed the relationship between variables and frequency distributions are presented in the table.

The result: The majority of respondents with mild anemia were 21 respondents (48.8%). Most respondents have a good learning performance as much 24 respondents (55.8%). There is a relationship of anemia with high school academic achievement N 1 Piece of Land Traffic Bungo in 2013 (P-value .000 <α 0,05).


Keywords        : Anemia, Learning Achievement
Literature List   : 14 (2004 – 2011)




0 komentar:

Post a Comment

 
Top